Senin, 13 April 2020

Keuntungan dan Keterbatasan Teknik Digital

KEUNTUNGAN DAN KETERBATASAN TEKNIK DIGITAL

Keuntungan

  1. Lebih mudah untuk mendisain. nilai nilai arus dan tegangan yang tepat tidaklah penting, hanya menggunakan rage (high atau low).
  2. Penyimpanan informasi Mudah.
  3. Ketelitian dan ketepatan lebih besar
  4. Operasi dapat di program. Sistem analog juga dapat di Programkan, tetapi variasi dan kompleksitasnya yang tersedia sungguh terbatas.
  5. Rangkaian digital lebih sedikit terpengaruh oleh noise. Sepanjang noise tersebut tidak cukup besar untuk mencegah perbedaan high dan low.
  6. rangkaian digital dapat dibuat dalam bentuk IC chip.
Kelemahan

     Satu satunya kelemahan penggunaan teknik digital adalah bahwa alam ini sesungguhnya bersifat analog. sehingga kebanyakan besaran-besaran fisis di alam merupakan besaran analog. dan besaran besaran inilah yang menjadi masukan dan keluaran yang di monitor, dioperasikan, dan dikontrol oleh suatu sistem.
     Untuk mengambil keuntungan dari teknik digital ketika berhadapan dengan keluaran dan masukan analog, adatiga langkah yang harus diikuti:

  1. Konversi masukan analog dari besaran fisis ke bentuk digital.
  2. Memperoses informasi yang digital
  3. Keluaran digital yang dihasilkan konversikan ke bentuk analog.
     Gambar di bawah menunjukan siitem kendali temperatur yang memerlukan konversi analog/digital dalam rangka penggunaan teknik proses digital.


REPRESENTASI BESARAN BINER

     Dalam sistem digital informasi yang diproses pada umumnya dinyatakan dalam bentuk biner. Besaran biner dapat diwakili oleh suatu alat yang hanya mempunyai dua keadaan operasi. misal, suatu tombol yang hanya mempunyai keadaan buka (Off) atau tutup (On). Biasanya keadaan Off diwakili oleh Biner "0" dan On diwakili onel biner "1". Nah di bawah ini adalah penggambarannya supaya lebih jelas.

biner 1; Setiap tegangan antara 2V sampai 5V
biner 0: Setiap tegangan antara 0V sampai 0.8V
     Tegangan antara 0.8V sampai 2V tidak digunakan, ini bisa menyebabkan kesalahan di dalam suatu rangkaian digital.

     Kita bisa lihat perbedaan signifikan yang lain antara sistem analog dan sistem digital. Pada sistem digital nilai yang tepat dari suatu teganggan tidaklah penting. misalnya tegangan 3.6V berarti sama saja dengan tegangan 4.3. Psada sistem analog, nilai yang tepat suatu tegangan adalah penting.

    Nah demikian lah penjelasan kami mengenai Besaran Analog dan Digital. jika teman-teman ada kritik dan saran bisa di tuliskan di kolom komentar yaa Terimakasih..

Dibawah ini adalah materi lanjutan dari materi di atas mengenai "Konversi Bilangan Biner to Desimal dan sebaliknya". Jika ingin lanjut kemateri selanjutnya silahkan Klik LANTUT di Bawah.. Terimakasih..

LANJUT Konversi Bilangan Biner to Desimal dan sebaliknya

Jika kalian ingin tahu penjelasan yang lebih dari penjelasan di atas, saya merekondasikan kalian buat tonton Video penjelasan di bawah ini yaa.. Terimakasih semoga membantu


Referensi:
Buku Rangkaian Logika, penulis T. Sutojo, S.Si, penerbit Ardana Media

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap untuk berkomentar dengan baik dan sopan yaa gaess.. Thanks..